Friday, November 6, 2015

Bangunan / Anjungan Lepas Pantai

Fungsi utama dari bangunan lepas pantai adalah untuk eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi. Adapun faktor lingkungan laut yang berpengaruh untuk rancangan struktur bangunan laut terdiri dari kedalaman perairan, angin, gelombang, arus, kondisi dasar laut, penggerusan dan tektonik (gempa bumi).

Secara tipologi kedalaman, perairan indonesia yang dijadikan ladang pengeboran antara lain :
  • laut jawa 10-60 meter
  • laut natuna 100 m
  • muara mahakam KalTim 10-30 m
  • selat makassar lebih dari 1000 m
Jenis anjungan berdasarkan fungsi
Wellhead Platform (Anjungan Untuk Kepala Sumur) / Drilling Rig
Wellhead
Contoh Wellhead Platform / Drilling Rig


Fungsi dari anjungan kepala sumur atau pengeboran adalah untuk pengeboran lanjut minyak/gas maupun pengeboran awal. Lama operasi tergantung jumlah sumur dan jenis pengeboran (bulanan ~ tahunan) dimana pengeboran 1 sumur - 1000 m dibawah seabed (permukaan dasar laut) rata-rata perlu 2 bulan. Untuk tipe yang dipakai adalah struktur terpancang atau terapung. Jack-up setelah selesai pengeboran dapat dipakai sebagai well-head platform yang menghubungkan sumur dengan anjungan produksi. Beban operasional sangat bervariasi karena banyaknya material konsumsi (barite, semen, pipa-pipa bor, lumpur bor, dll).
Persyaratan yang harus dipenuhi dalam melakukan kegiatan pengeboran diantaranya pemenuhan kriteria operasional, integritas struktur, dan keselamatan selain aspek kebocoran, kebakaran, dan redundancy power untuk penambatan.

Production Platform (Anjungan Produksi)
Production Platform
Contoh Production Platform facility


Fungsi dari anjungan ini adalah memisahkan antara gas, minyak, dan air. Anjungan dapat berupa jacket steel platform, gravity platform atau mobile units. Hasil olahan dikirim ke darat melalui pipa bawah laut dan ditampung lalu diangkut tanker. Fasilitas produksi yang ada umumnya di prefabrikasi di darat. Sedangkan peralatannya meliputi mesin derek (crane), tangki, pendingin, pemanas, generator, pompa, dll. Terdapat sistem pipa, electrical (kabel-kabel, panel-panel), Struktur pendukung, balok-balok penopang, pondasi, dll, bangunan untuk perawatan, gudang, generator, control-room, peralatan komunikasi dan keselamatan.
Contoh yang menggunakan anjungan produksi adalah Jacket Steel di Natuna seberat 18.000 ton (64 x 105m) berat per module antara 2500 ~ 3800 ton, dengan topside untuk produksi seberat 33.500 ton. Daya listrik 400 MW per deck dan menghasilkan gas sebesar 480 MMcfd.

Accomodation Platform (Anjungan Akomodasi)
Accomodation Platform
Contoh Accomodation Platform


Anjungan akomodasi digunakan untuk menampung pekerja dan perlengkapan logistik. Saat ini banyak juga dipakai anjungan terapung selain terpancang. Di sisi lain, setelah kecelakaan semi-submersible Kielland 1980 dan Piper Alpha 1990-an, peraturan kebakaran dan keselamatan untuk anjungan akomodasi semakin ketat. Salah satunya adalah ISM codes untuk anjungan terapung diberlakukan mulai 2003. Anjungan akomodasi ditentukan oleh jumlah personil dan sistem penggunaan (hotel atau transit).

Flare Platform (Anjungan Obor)
Flare Platform
Contoh Flare Platform


Flare platform berguna untuk membakar gas berbahaya yang tidak diinginkan yang dilepaskan selama proses produksi sehingga mengurangi tekanan yang tidak direncanakan di dalam sumur pengeboran.

Self Contained Platform
Rig
Contoh Self Contained Platform


Jenis anjungan ini mempunyai ciri bahwa semua peralatan ada diatas anjungan ini baikwell head, processing, flare, accomodation maupun helipad. Sedangkan aplikasinya dipergunakan untuk laut dalam lebih dari 100 m. Ciri lain dari anjungan ini adalah berkaki 8 atau lebih dan berada di Laut Cina selatan (natuna), North Sea.

Floating Production Storage and Offloading

FPSO
Contoh FPSO

FPSO bukanlah sebuah bangunan / konstruksi, namun sejenis kapal yang dilengkapi dengan peralatan untuk melakukan produksi, penyimpanan dan distribusi minyak atau gas.


Sumber http://iubtt.kemenperin.go.id/index.php/istilah-istilah-industri/87-perkapalan/166-bangunan-lepas-pantai


No comments:

Post a Comment